Lebih Baik Pakai Pelembab atau Tabir Surya?

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 28 May 2016 17:28 WIB
kecantikan
Lebih Baik Pakai Pelembab atau Tabir Surya?
Lebih Baik Pakai Pelembab atau Tabir Surya? (Foto: herchannel)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pelembab dan tabir surya adalah dua jenis pelindung kulit yang memiliki fungsi berbeda. Manakah yang lebih baik digunakan?

"Karena kita tinggal di negara tropis, tabir surya tentu penting. Jadi sebaiknya pakai keduanya. Pelembab terlebih dahulu, baru kemudian tabir surya," saran dokter spesialis kulit dr. Melyawati Hermawan, SpKK dalam acara Munggahan Vaselin, di Jakarta.

Ia juga menjelaskan, kini banyak tabir surya yang memiliki kandungan pelembab yang baik, sehingga cukup gunakan tabir surya saja.

Untuk penggunaan, baiknya lotion digunakan minimal dua kali dalam sehari. Yang pasti setelah mandi, atau saat kulit terkena air.

Sementara, tabir surya dipakai setengah jam sebelum melakukan aktivitas di luar lapangan dan ulangi setiap tiga atau empat jam sekali agar kulit terlindungi dari paparan sinar matahari secara maksimal dan tidak kering.

Pelembab sendiri seharusnya memiliki tiga fungsi, yaitu menyerap air yang berasal dari luar, menutupi permukaan kulit agar tidak cepat terjadi penguapan yang membuat kulit cepat kering, dan mengisi bagian berlubang di permukaan kulit yang tidak terkena minyak alami.

Pelembab yang baik adalah yang lebih banyak didominasi oleh cairan minyak dibandingkan air sehingga lebih kental. Hal ini dikarenakan dengan banyaknya kandungan minyak, maka akan lebih mudah terserap oleh kulit.


(ELG)