4 Cara Mengatasi Tumit Kaki Pecah-Pecah

Torie Natalova    •    Selasa, 26 Apr 2016 17:12 WIB
kecantikangaya
4 Cara Mengatasi Tumit Kaki Pecah-Pecah
Kulit kaki pecah-pecah sering ditemui di bagian tumit. (foto:livestrong.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Memiliki kaki yang mulus dari pangkal paha hingga ujung kaki seperti tumit adalah dambaan wanita. Namun, tak sedikit wanita yang memiliki tumit kaki pecah-pecah ataupun kapalan (kulit kaki yang menebal).

Sepatu hak tinggi merupakan pemicu utama kaki Anda pecah-pecah karena terlalu lama berdiri, ataupun memakai sepatu tanpa penutup belakang sehingga tidak melindungi tumit, atau mungkin Anda tidak merawat kelembapan kaki Anda.

Ada beberapa cara untuk menghilangkan kulit kaki yang pecah-pecah atau kapalan seperti berikut.

1. Lembutkan kaki yang kapalan dengan cara yang benar
Menggosok terlalu keras dapat membuat kulit lebih dalam. Sebaiknya, gosok kaki yang kapalan setelah mandi atau berendam karena saat itu kulit akan melunak. Gunakan filer kaki atau batu apung untuk menggosok kulit yang mati.

2. Melembapkan kaki dengan krim
Pastikan jenis yang dipakai adalah krim bukan lotion yang terlalu tipis. Pilihlah krim dengan formula asam laktat atau asam salisilat yang memiliki bahan exofiliating atau mengelupas kulit. Sehingga ini bisa membantu menggerogoti kulit yang menebal dan mencegah kapalan datang kembali.

3. Gunakan kaos kaki
Selain menggunakan krim kaki, gunakan juga kaos kaki dengan bahan linen atau silikon. Atau, setelah menggunakan krim, bungkus dengan plastik dan kenakan kaos kaki sebelum menggunakan sepatu hak tinggi.

4. Pilih sepatu yang tepat
Menggunakan sepatu yang tepat dapat membantu tumit terhindar dari pecah-pecah ataupun kapalan. Pilih sepatu yang memiliki sol tipis, dan memiliki ruang udara yang baik. Hindari kaki dari tanah atau pasir yang bisa masuk ke sepatu. (Prevention)


(LOV)