Trik Cantik dan Sehat untuk Pekerja Urban

Rosa Anggreati    •    Sabtu, 09 Apr 2016 01:01 WIB
kecantikan
Trik Cantik dan Sehat untuk Pekerja Urban
Biasakan mencucui wajah pada waktu bangun tidur, dan malam hari sebelum tidur (Foto:All4women.co)

Metrotvnews.com, Jakarta: Masyarakat urban identik dengan mobilitas tinggi. Namun, padatnya lalu lintas di kota besar menghambat mobilitas orang-orang di dalamnya. Hal itu membuat masyarakat mencari alternatif transportasi yang mampu mengantarkan mereka dengan cepat ke tempat tujuan.


Transportasi tersebut adalah jasa ojek. Akhir-akhir ini, ojek sedang menjadi primadona. Terutama setelah kemunculan jasa ojek berbasis aplikasi. Konsumennya tak cuma pria, wanita pun tak kalah banyak.


Naik ojek memang membuat Anda mampu menerobos kemacetan dan tiba di lokasi tujuan lebih cepat. Namun bagi kaum wanita, naik ojek membuat kulit mereka menderita. Terik matahari dan terpaan polusi yang menghampiri wajah bisa membuat kulit wajah kotor dan mengalami kerusakan.


Sebab itulah, wanita pekerja urban menghadapi tantangan keras setiap hari. Tak hanya berkutat dengan kesibukan pekerjaan, menjaga kesehatan dan kecantikan kulit menjadi tantangan tersendiri di tengah lingkungan yang berpolusi.


Bagaimana cara agar wanita pekerja urban tetap cantik dan sehat?


1. Konsumsi makanan sehat


Menyantap makanan sehat akan memberi efek baik bagi kesehatan secara keseluruhan dan kecantikan kulit. Sertakan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak dalam menu harian Anda. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan yang kaya vitamin C dan rendah lemak membantu membuat kulit terlihat lebih muda.


2. Olahraga


Bagaimana olahraga memberikan manfaat bagi kecantikan kulit? Ahli dermatologi Dr Doris Day, MD, menjelaskan, sebuah studi yang dilakukan peneliti di Finlandia memperlihatkan bahwa atlet yang berusia setengah baya memiliki tingkat elastisitas kulit lebih baik dibandingkan mereka yang jarang berolahraga.


Para atlet itu memiliki lebih sedikit keriput, meskipun umurnya sudah tak muda lagi. Para peneliti meyakini bahwa efek positif dari olahraga adalah menunda penuaan kulit. Olahraga atau aktivitas membuat sel-sel kulit baru terbentuk lebih cepat.


“Dengan kata lain, ketika Anda bergerak, maka sel-sel kulit melakukan hal yang sama,” ujar Dr Doris Day.


3. Tidur cukup


Jangan abaikan tidur cukup pada malam hari. Kurangnya jam tidur ditambah efek paparan sinar matahari kian meningkatkan tanda-tanda penuaan kulit. Hal ini telah dibuktikan peneliti dari Skin Study Centre di University Hospital, Ohio, Amerika Serikat. Penelitian yang dilakukan pada 2013 itu melibatkan 60 wanita berusia antara 30 hingga 49 tahun.


Para peneliti menemukan perbedaan besar dalam kualitas tidur yang baik dan yang buruk terhadap kulit. Mereka yang tidak cukup tidur mengalami peningkatan kemunculan garis-garis halus, pigmentasi tidak merata, dan kulit kurang elastis.


"Kurangnya tidur, berbahaya bagi kesehatan dan kecantikan kulit," kata spesialis perawatan kulit Debbie Thomas. "Kulit akan tampak pucat dan mata menjadi bengkak. Kekurangan waktu tidur yang terjadi terus menerus dapat menyebabkan garis-garis halus dan lingkaran hitam di sekitar mata,” jelas Debbie.


Saat kuota tidur malam tidak tercukupi, tubuh melepaskan kelebihan hormon stres kortisol. Hormon ini memecah kolagen, protein yang membuat kulit lembut dan elastis.


4. Minum air putih


Biasakan minum air putih minimal enam hingga delapan gelas sehari. Minum air putih memberikan efek detoksifikasi tubuh, meluruhkan racun-racun dalam tubuh yang memengaruhi penampilan kulit. Kotoran yang menyumbat pori-pori kulit akan terangkat dan kulit terlihat lebih segar. Sel-sel kulit yang terhidrasi dengan baik akan terjaga elastisitasnya dan memberikan penampilan kulit yang kencang.


5. Membersihkan Wajah


Kepadatan penduduk kota dan aktivitas yang tinggi mendorong orang menghabiskan kegiatan di luar ruangan. Kemacetan menjadi rutinitas yang dilalui pekerja urban setiap hari. Menghabiskan banyak waktu di jalan membuat kulit rentan terkena polusi.


Polusi mengandung partikel mikroskopik berbahaya yang tidak dapat terlihat dengan mata telanjang, dan dapat mengendap di kulit bagian terdalam. Selain itu, wajah mengandung minyak dan mudah sekali kotor. Kombinasi keduanya membuat kulit wajah menjadi kusam.


Cara paling sederhana untuk mengusir kekusaman wajah dan mendapatkan kulit wajah sehat dan bersih ialah dengan rutin mencuci muka. Biasakan mencuci wajah pada waktu bangun tidur, dan malam hari sebelum tidur, atau setelah berkegiatan yang memicu pengeluaran keringat.


Jika wajah terus menerus diterpa polusi tanpa perawatan, kerusakan kulit akan lebih mudah terjadi. Sebab, partikel polusi memicu munculnya bintik atau flek hitam di kulit.


Untuk mempertahankan kesehatan kulit wajah dan mencegahnya menjadi kusam, Pond’s Pure White Deep Cleansing Facial Foam memberikan solusi.


Kotoran seperti sisa make-up, debu, keringat, dan partikel polusi dapat menempel dan bersarang pada pori-pori jika Anda kurang menjaga kebersihan wajah. Jika dibiarkan, semakin lama kotoran tersebut akan kian menumpuk dan menyebabkan pori membesar.


Pond’s Pure White Deep Cleansing Facial Foam diformulasikan dengan activated carbon yang dikenal dapat menyerap minyak dan kotoran yang menutup pori-pori. Activated carbon berkhasiat mengangkat kotoran dari permukaan sampai ke dalam pori-pori kulit. Tak cuma itu, dengan 3X Purify Power membuat wajah tiga kali lebih bersih bercahaya.


Dikembangkan oleh para ahli perawatan kulit dari Pond's Institute, Pond's Pure White Deep Facial Cleansing Foam adalah pembersih anti polusi terdepan yang dapat mengangkat bersih kotoran, debu, dan polusi yang menempel di kulit wajah.


Lebih lanjut, Pond’s menginisiasi #SolusiPolusi untuk menjawab masalah yang dihadapi para wanita urban ketika menghadapi dampak buruk polusi bagi kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Melalui #SolusiPolusi Pond’s mengedukasi para wanita mengenai dampak polusi terhadap kulit mereka.


Setelah membaca artikel ini, jangan lagi abai mencuci muka ya, ladies. Tentunya, cuci muka menggunakan Pond's Pure White Deep Facial Cleansing Foam untuk hasil terbaik.

 


(ROS)