Potong Rambut Sendiri? Perhatikan Hal Ini

Sri Yanti Nainggolan    •    Senin, 18 Apr 2016 11:30 WIB
gayarambut
Potong Rambut Sendiri? Perhatikan Hal Ini
Hati-hati memotong poni rambut Anda. (foto:hairstalk.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagi wanita, terkadang rasa tak puas muncul usai memotong rambut di salon. Tak jarang, para wanita memilih untuk memperbaiki potongan dari salon dengan tangan mereka sendiri.

Untuk menghindari hasil yang bisa membuat penampilan bertambah buruk, Anda para wanita perlu memperhatikan beberapa tips sederhana memotong rambut sendiri seperti berikut.

1. Peralatan yang tepat
Pastikan Anda memiliki gunting yang masih tajam, botol semprotan berisi air, cermin berukuran besar dan kecil untuk bisa melihat potongan rambut yang Anda buat sendiri dan yang paling penting, selalu menggunakan gunting kualitas profesional. 

"Gunting rumah tangga biasanya tidak cukup tajam dan akan membuat ujung bercabang," kata Nicole Hitchcock, stylist di Novato, CA.

2. Mulai perlahan
Jika Anda telah memotong rambut, Anda tak bisa mengulangnya. Oleh karena itu, jangan terburu-buru dan mulailah dari potongan yang kecil-kecil. Demikian saran dari seorang penata rambut Lana Grand yang tinggal di Los Angeles Amerika. 

Basahkan rambut Anda agar lebih mudah dikontrol dan sisirlah dengan bagian depan (dahi) ke arah belakang hingga ke bawah. "Gunakan jari Anda sebagai panduan untuk memotong garis lurus sehingga nantinya akan membentuk lengkung di bagian belakang," sarannya.

Jika Anda rutin memotong selama dua hingga tiga bulan, cukup potong sepanjang 1-2,5 cm.

3. Hati-hati dengan poni
Untuk bagian rambut satu ini, Hitchcock menyarankan agar memotongnya secara perlahan. "Lilitkan poni agar rambut tidak keluar-keluar," ujarnya.

Kemudian, potong poni secara lurus karena jika tidak, maka poni Anda akan gagal total.

4. Berhenti jika ragu
Salah satu penata gaya rambut selebritis Peter Lamar menyarankan bahwa jika Anda tak yakin di langkah awal, segeralah berhenti.

"Segeralah pergi ke salon untuk memperbaiki kesalahan yang Anda buat agar rambut Anda kembali terlihat indah," ujarnya. 


(LOV)