Batik Medan Lestarikan Warisan Budaya Suku Batak

Budi Warsito    •    Rabu, 13 Apr 2016 15:09 WIB
batik
Batik Medan Lestarikan Warisan Budaya Suku Batak
(Foto: Metrotvnews.com/Budi Warsito)

Metrotvnews.com, Medan: Batik acap kali dianggap sebagai kain khas provinsi Jawa. Padahal kenyataannya, setiap daerah memiliki batiknya sendiri. Medan, Sumatera Utara termasuk salah satunya.

Di Medan, banyak warga yang mulai tertarik mengembangkan bisnis batik. Sesuai asal daerahnya, batik di daerah ini dikenal dengan nama Batik Medan dengan ukiran khas suku Batak. 

Nurcahya, salah satu warga yang mengembangkan bisnis batik sejak 2009 mengaku memberanikan diri menggeluti bisnis ini sejak mengikuti pelatihan membatik pada 2008.

Motif batik Medan cukup unik dan membedakannya dengan batik dari daerah lain.

"Kalau batik lain biasanya ada motif bintik-bintik. Kalau batik Medan motifnya garis lurus yang terus tersambung," ucap Zuhair, anak pertama Nurcahya saat dijumpai Metrotvnews.com di Jalan Letda Sujono, Medan. 

Usaha yang dirintis Nurcahya merupakan wujud mempertahankan warisan suku Batak, terutama ukiran-ukiran yang biasa terdapat pada bangunan di Medan. Saat ini, bangunan di medan sudah bertransformasi mengikuti perkembangan zaman sehingga ukiran-ukiran tersebut sudah jarang ditemukan. Batik menjadi medium yang tepat untuk mempertahankan warisan budaya tersebut. 





(DEV)