Kolom

Saat Situasi Hidup Seperti Menaiki Eskalator yang Bergerak Turun

   •    Selasa, 09 Jun 2015 11:40 WIB
dunia pikiran
Saat Situasi Hidup Seperti Menaiki Eskalator yang Bergerak Turun
Ilustrasi. (Foto:Corbis)

“It is what you read when you don’t have to
that determines what you will be when you can’t help it”
- Oscar Wilde


Kita sedang hidup dalam zaman informasi, di mana informasi mengalir dengan sangat lancar, sangat banyak lebih tepatnya, berbagai penelitian yang mengembangkan manusia semakin meluas, dan bisa diakses dengan mudah. Saat ini seolah kita sedang hidup dalam sebuah kondisi di mana kita sedang menaiki eskalator, dan eskalatornya sedang bergerak turun. Itu artinya kita harus terus melangkah dan melangkah lebih cepat.

Dengan kata lain, dalam kehidupan ini, kita perlu terus bertumbuh dan belajar. Para pakar dan orang besar dalam sejarah kehidupan manusia memahami dengan baik, pentingnya pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas, pengembangan diri dan pertumbuhan dalam semua aspek kehidupan. Menjelajahi ide-ide melalui buku membuat kita selalu muda.

Dalam buku Malcolm Gladwell, Outliers, menunjukkan bahwa hukum 10.000 jam akan membuat seseorang menjadi pakar dalam tingkat dunia. Risetnya menunjukkan jika kita menggunakan 1 jam sehari untuk membaca dan belajar, akan membuat Anda mencapai posisi puncak di bidang pilihan Anda dalam 3 tahun. Dalam lima tahun Anda akan menjadi otoritas nasional dan dalam tujuh tahun Anda akan menjadi salah satu yang terbaik di dunia.

Profesor Carol Dweck membagi manusia dalam dua kategori, yang pertama adalah yang menganut pola pikir tetap dan yang kedua adalah pola pikir bertumbuh. Pola pikir tetap adalah orang yang menyimpulkan bahwa ia tidak bisa menjadi lebih baik dari kondisinya saat ini. Mereka percaya bahwa orang lain bisa karena keahlian mereka, IQ mereka, atau bahkan mungkin keberuntungan. Dan mereka tidak punya, melihat berbagai kekurangan dan tidak melihat adanya kemungkinan untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.

Sedangkan orang yang menganut pola pikir bertumbuh adalah mereka yang percaya, dengan dedikasi usaha dan waktu, mereka bisa menjadi lebih baik dalam bidang apapun yang mereka pilih. Mereka bisa mengubah kondisinya menjadi lebih baik dengan belajar, bertumbuh, melakukan lebih baik dan memiliki impian yang membuat mereka bangun pagi dengan semangat.

Mungkin Anda pernah melihat, atau mengalami, ketika seseorang lulus sekolah atau kuliah, tidak jarang ia menyimpan semua bukunya dan diam-diam bersumpah dalam hati, “Saya tidak akan membaca buku lagi, cukup sudah.” Ini merupakan salah satu potret di mana kita melihat pendidikan sebagai sebuah hasil akhir yang harus dikejar, melihat gelar atau kredensial sebagai tujuannya.

Pendidikan bukan sebuah hasil akhir. Bukan sebuah akhir perjalanan. Pendidikan adalah sebuah proses tiada henti. Seperti Alm. Peter Drucker mengatakan Belajar adalah proses sepanjang hayat untuk menyejajarkan diri kita dengan perubahan. Di dunia ini, Anda belajar atau tidak belajar. Anda bertumbuh atau Anda mulai menua. Tidak ada kondisi yang disebut jalan di tempat. Eskalator terus bergerak turun. Anda perlu terus menjadi lebih baik jika tidak ingin digilas oleh perubahan jaman.

Dalam kehidupan kita, pikiran sadar mempengaruhi kehidupan kita sebesar 12%, dan 88% dipengaruhi oleh pikiran bawah sadar. Membaca buku baru terus menerus akan mengembangkan pikiran sadar dan pikiran bawah sadar kita secara bersamaan. Anda menjadi sadar akan pengetahuan baru, kemungkinan baru yang tersedia, dan memiliki pandangan baru yang lebih baik akan dunia.

Bersamaan dengan itu, pikiran bawah sadar juga mendapatkan kesadaran baru dan bisa menggantikan kesadaran lama, menggantikan program lama yang tertanam di bawah sadar yang selama ini membuat kita melakukan apa yang kita lakukan, memikirkan apa yang kita pikirkan. Menggantikan program lama akan membuat kita terdorong untuk melakukan segala hal dengan berbeda, dengan lebih baik. Mendorong munculnya kebiasaan baru yang lebih baik.

Pilihlah buku terbaik yang membuat Anda semakin maju. Bukan artikel gosip yang tidak membawa Anda ke impian yang Anda inginkan. Dengan demikian Anda mengembangkan pikiran Anda pada kemungkinan-kemungkinan yang terpikirkan dengan kesadaran lama Anda. Dengan terus membaca buku, Anda terus menambah informasi, mengubah paradigma lama, melihat kemungkinan baru, pikiran sadar Anda akan memutuskan keputusan-keputusan yang lebih baik, pikiran bawah sadar Anda akan menjalankan paradigma, program, keyakinan, kebiasaan yang akan membawa Anda menuju impian Anda.

Albert Einstein percaya bahwa kebijaksanaan bukan hasil dari sekolah, melainkan proses sepanjang hayat untuk mendapatkannya. Milikilah pola pikir bertumbuh, dan bertumbuhlah dengan membaca buku baru setiap hari, dan suatu hari Anda akan melihat diri Anda menjalani sebuah kehidupan baru yang bijak, yang sukses, yang merupakan hasil dari mengamalkan apa yang Anda pelajari sepanjang kehidupan Anda dengan rajin.

Edukasi diri adalah satu-satunya edukasi yang ada di dunia ini. Isaac Asimov. Ketika kita berhenti belajar di situ kita menua. Sepanjang kita terus belajar, kita akan selalu muda. Investasi terbaik adalah investasi sepanjang hayat untuk mengembangkan pikiran. Selamat berinvestasi.

Agus Setiawan, C.Ht
Subconscious Coach,
Penulis 3 Buku Laris Bacakilat, The Art of Reading & Bacakilat For Student.
CEO Aquariuslearning.co.id
Master Trainer dari Bacakilat.com



(FIT)