Bermasalah dengan Atasan, Harus Bagaimana Menyikapinya?

   •    Selasa, 15 Mar 2016 12:16 WIB
dunia pikiran
Bermasalah dengan Atasan, Harus Bagaimana Menyikapinya?
(Foto: Goldengirlfinance.com)

Pertanyaan: 

Halo,

Saya X dan ingin bertanya, saya adalah karyawan yang bekerja sesuai dengan jurusan yang saya ambil ketika kuliah S1, yaitu Broadcasting. 

Tahun pertama di kantor pertama, saya bekerja sebagai Creative program dan saya menyukainya. Kemudian pindah kantor dan sekarang bekerja di kantor yang ketiga. 

Walaupun perusaahan sekarang adalah mimpi saya sejak lama, namun divisi yang saya masuki agak jauh berbeda dengan jabatan saya sebelumnya. 

Saya tidak masalah untuk belajar. Tetapi masalahnya, chief saya menolak untuk mengajarkan saya karena menurutnya saya susah diatur. 

Saya juga bingung, jabatan saya  sebagai pengolah data (R&D) adalah hal yg bertolak belakang dengan pekerjaan sebelumnya. Ditambah tidak ada literatur atau buku tentang jabatan saya yang sekarang ini.

lantas, saya harus bagaimana? pada 3 bulan kedepan akan ada penilaian karyawan, dan saya takut jika saya dipecat.

Jawaban:

Halo, 

Terkadang memang kita tidak bisa mengendalikan situasi dan orang lain, tetapi kita punya pilihan. Banyak pilihan yang kita bisa pilih, dan kita bebas memilih.

Hanya saja kita tidak bisa memilih konsekuensi yang akan hadir atas pilihan kita. Pertimbangkan semua kemungkinan dengan matang beseeta konsekuensinya. 

Temukan berbagai kemungkinan jalan keluar. Misalnya, cari waktu untuk bisa bicara dan menjelaskan situasi kepada bos yang bossy ini (jika ini memang pekerjaan penting dan merupakan impian), atau bicarakan dengan HRD manager, dan menyampaikan apa yang Anda sukai, apa passion Anda dan bagaimana Anda bisa membantu menumbuhkan perusahaan melalui passion Anda itu.

Ini adalah dua kemungkinan, saya yakin Anda bisa menemukan lebih banyak kemungkinan lain. Yang perlu Anda lakukan adalah, duduk dan mulai berpikir, jalan terbaik dalam situasi ini.

Agus Setiawan, C.Ht
Subconscious Coach,
Penulis 3 Buku Laris Bacakilat, The Art of Reading & Bacakilat For Student.
CEO Aquariuslearning.co.id
Master Trainer dari Bacakilat.com


(DEV)