Konsultasi

Kenapa Adik Saya yang Berumur 18 Tahun Begitu Labil?

   •    Jumat, 07 Aug 2015 14:52 WIB
dunia pikiran
Kenapa Adik Saya yang Berumur 18 Tahun Begitu Labil?
Ilustrasi.(Foto:http://i.huffpost.com)

Pertanyaan:

Kenapa ada orang yang begitu labil di usia yang 18 tahun?

Contoh kasus adik saya yang baru lulus SMA terlihat sangat labil sehingga tidak dpat memutuskan karier apa yang akan ditekuni setelah ini? Saran dari orang tua & kakak (saya) pun belum, bahkan, tidak berpengaruh terhadapnya.

Terbalik jika ada teman adik saya atau bahkan saudara jauh memberi masukan, adik saya seakan-akan ingin segera melakukannya. Teman di sana bilang ini, maka hari itu juga adik saya memutuskan ini. Besok teman di sini bilang itu, hari itu juga adik saya memutuskan itu.

Mohon pendapatnya

JH



Jawaban:

Hi, jika dilihat situasinya, bukanlah matang atau tidak matangnya usia 18 tahun. Memang ada orang yang lebih matang dari usia kalendernya. Namun, ada juga orang yang secara kalender sudah dewasa namun masih bersikap kekanakan.

Jika ternyata adik lebih suka mendengarkan saran temannya, dan tidak terlalu memikirkan atau mempertimbangkan saran dari keluarga, berarti relasi keluarga dengan adik perlu diperhatikan kembali.

Ada hal yang perlu diluruskan. Ada hal yang harus lebih dipahami oleh keluarga pada adik. Mungkin saja dikarenakan keluarga kurang mendengarkan apa yang diinginkannya, hanya memberikan saran tanpa memahami apa yang ia inginkan.

Salam

Untuk konsultasi dan tanya jawab, silakan lemparkan pertanyaan Anda ke advisrona@gmail.com. Mengenai konsultasi ini klik tautan di sini.


(FIT)