Konsultasi

Nilai Fisika Jelek karena Mindset Sendiri?

   •    Kamis, 21 May 2015 20:19 WIB
dunia pikiran
Nilai Fisika Jelek karena Mindset Sendiri?
Ilustrasi:MTVN

Selamat siang,

Saya mau tanya, saya selalu ada masalah sama mindset terutama untuk mengubah jadi lebih baik, contohnya di pelajaran fisika saya hampir tidak pernah mendapatkan nilai bagus, saya tahu masalahnya di mindset, tapi susah sekali untuk mengubahnya. Mohon solusinya Pak. Terima aksih sebelumnya.

Muthia, 19 tahun, studi di Jerman



Jawaban:

Halo Muthia yang baik,
Pola pikir atau mindset dibentuk dari beberapa faktor. Salah satunya adalah pengalaman masa lalu. Saya ingat kasus yang pernah saya tangani, seorang siswi yang sejak SMP tidak pernah mendapatkan nilai bagus di ulangan Fisika. Sebelum kelas dua SMP, fisikanya bagus. Di SMA, Kimia dan Matematika bagus. Fisikanya jelek. Sekeras apapun ia berusaha.

Ternyata ia mendapatkan imprint saat kelas 2 SMP. Imprint adalah penanaman keyakinan yang dilakukan oleh figur otoritas. Dalam kasus klien saya adalah guru Fisikanya. Guru tersebut mengatakan, "Cewek enggak mungkin bisa bagus di Fisika, sekeras apapun ia mencoba." Kalimat itu ternyata terpatri dan menjadi bagian dari pikiran bawah sadarnya.

Imprint merupakan salah satu dari 7 yang mengubah program bawah sadar seseorang. Kita perlu tahu apa faktor yang menyebabkan itu untuk membebaskan diri dari "jeratan" pola pikir yang salah tersebut.

Juga yang lebih penting dan yang berada dalam kendali penuh diri kita masing-masing adalah memutuskan untuk mengadopsi pola pikir bertumbuh. Pola pikir bertumbuh artinya kita memiliki keyakinan apapun bisa dicapai, bisa dikuasai, bisa dilakukan jika kita mendedikasikan usaha dan waktu.

Jika kita menyerah dengan situasi bahwa kita tidak bisa menjadi lebih baik, maka kita memilih untuk menganut pola pikir tetap. Di mana ini artinya kita merasa kita tidak bisa lebih baik dalam bidang tertentu.

Ini merupakan pilihan. Ayo memilih yang tepat Muthia. Terima kasih atas pertanyaannya.


Agus Setiawan, C.Ht
Subconscious Coach,
Penulis 3 Buku Laris Bacakilat, The Art of Reading & Bacakilat For Student.
CEO Aquariuslearning.co.id
Master Trainer dari Bacakilat.com 


Sekilas mengenai konsultasi ini KLIK TAUTAN DI SINI  


(FIT)