Konsultasi

Bagaimana Cara Hilangkan Ketergantungan kepada Seseorang

   •    Kamis, 02 Jul 2015 14:49 WIB
dunia pikiran
Bagaimana Cara Hilangkan Ketergantungan kepada Seseorang
Mencari cara menghilangkan ketergantungan dengan seseorang. (Foto:Playbuzz.com)

Selamat siang Pak Agus Setiawan,

Saya perempuan berusia 22 tahun. Saya mempunyai sedikit masalah dengan diri saya, dimana selama 7 tahun saya terlalu tergantung dengan 1 orang yang begitu saya andalkan. Saya mengenalnya sejak masuk SMA kelas 1 hingga saat ini, saat mendengar dia akan melanjutkan S2 ke luar negeri selama 2 tahun kedepan rasanya saya begitu rapuh dan hilang semangat dalam melakukan apapun.

Entah gimana semuanya terjadi sampai saya benar benar larut dalam kesedihan akan ditinggalkan orang itu, karena saya sudah terlalu tergantung dan selalu mengandalkan orang itu.

Adakah saran yang bisa membantu saya dan mendoktrin alam bawah sadar saya bahwa sebenarnya saya tetap bisa kuat dan bisa menjalani rutinitas saya dengan diri saya sendiri tanpa harus bergantung pada orang tersebut?

Mohon sarannya Pak.

Thanks



Jawaban:

Hi,

Mohon maaf lama membalas karena saya memberikan training di luar kota selama 10 hari.

Menurut yang saya baca dari tulisan Tiara, saya menyimpulkan bahwa dia hanya pergi ke luar negeri dua tahun untuk melanjutkan S2. Dan karena selama ini kamu sangat bergantung padanya, maka kamu merasa rapuh dan hilang semangat. 

Semua yang kita alami, adalah makna yang kita berikan pada diri sendiri. Viktor Frankle merumuskan logo terapi yang menjelaskan bahwa kehidupan kita akan berbeda ketika kita memilih untuk menerima makna yang berbeda dalam diri. Dan makna yang kita berikan pada diri adalah hal yang bisa kita kendalikan. Kita tidak bisa mengendalikan berbagai situasi di luar sana. Namun, kita bisa mengubah makna yang kita berikan dalam diri sehubungan dengan hal yang terjadi. Dan makna yang tepat akan membuat kita maju. Makna yang lemah akan membuat kita tidak berdaya.

Kehidupan seseorang haruslah mandiri. Terlepas dari memang kita membutuhkan orang lain, terutama orang yang kita cintai. Namun, ketika kita mandiri, maka kita juga membantu pasangan kita untuk lebih maju, bukannya hanya mengurus diri kita, karena kita sangat bergantung padanya. Menjadikan momen ini untuk membangun makna yang baru, makna yang akan membuat kehidupan kamu dan orang yang kamu sayangi semakin maju adalah hal yang positif. 

Sukses buat kamu dan si dia ya.

Sekilas mengenai konsultasi ini KLIK TAUTAN DI SINI  


(LOV)