Duh, Saya Takut Salah Kalau Bertanya!

   •    Rabu, 17 Feb 2016 13:04 WIB
dunia pikiran
Duh, Saya Takut Salah Kalau Bertanya!
BERTANYA: Sadarilah bahwa berani bertanya adalah hal yang luar biasa. Bertanya berarti kita sudah menjalani proses berpikir. Dan proses berpikir inilah yang membuat sesuatu menjadi berharga di dunia. (Ilustrasi: Antara/Ahmad Subaidi)

Pertanyaan:

Saya ingin bertanya, kenapa setiap ada orang banyak saya itu enggak mau
bertanya takut si pendengar selalu salah dengan pertanyaan saya, dan
saya dulu pernah begitu saya nanya mereka pada menyoraki saya terus
marah. Apa yang saya lakukan sekarang.

Juli


Jawaban:

Halo Juli,

Dari pertanyaan Anda sendiri sudah menunjukkan akar masalahnya. Memang ini sering terjadi di sekolah. Ketika seorang siswa menjawab pertanyaan dari guru, dan ternyata jawabannya salah, maka kelas akan menyoraki. Di sini kita belajar banyak membuat kesalahan itu bikin malu, kelihatan bodoh, dan membuat kita lebih baik diam daripada melakukan kesalahan.

Kembali ke kasus Anda, saat Anda bertanya, dan si pendengar salah mendengar, ini disebabkan karena saat itu, pada situasi tersebut, Anda tidak percaya diri, rasa tidak percaya diri dalam kondisi itu (tidak di semua situasi dan kondisi) bisa dikarenakan sebab yang sama seperti jawaban di atas.

Apa yang perlu Anda lakukan sekarang adalah menerima diri Anda seutuhnya, inilah diri Anda dan belajarlah menyampaikan pemikiran dan pertanyaan lebih baik.

Sadarilah bahwa berani bertanya adalah hal yang luar biasa. Bertanya berarti kita sudah menjalani proses berpikir. Dan proses berpikir inilah yang membuat sesuatu menjadi berharga di dunia.

Apa yang kamu lakukan adalah hal yang sulit dilakukan banyak orang, maka mereka menyoraki Anda. Jadi jangan kalah dengan sorakan itu. Ketahuilah kamu akan lebih maju dan lebih baik dengan apa yang sudah kamu lakukan, dan tingkatkan terus.

Sukses ya.


Agus Setiawan, C.Ht
Subconscious Coach,
Penulis 3 Buku Laris Bacakilat, The Art of Reading & Bacakilat For Student.
CEO Aquariuslearning.co.id
Master Trainer dari Bacakilat.com

Untuk konsultasi dan tanya jawab, silakan lemparkan pertanyaan Anda ke advisrona@gmail.com. Mengenai konsultasi ini KLIK TAUTAN DI SINI.


(FIT)